Robot Ahli Melipat Pakaian

California - Robot yang satu ini sepertinya bakal didambakan para pengusaha laundri. Sebab ia ahli dalam soal melipat pakaian, sesuatu yang amat krusial dalam bisnis laundri.







Para periset di University of California Berkeley, Amerika Serikat, membesut robot tersebut. Dalam demo yang ditayangkan di YouTube, sang robot mampu melipat beberapa handuk dengan rapi di meja.



Kebanyakan robot yang ada saat ini melakukan tugas tertentu secara berulang-ulang di lingkungan terstruktur.Nah menurut perisetnya, robot itu dibuat untuk menunjukkan robot bisa bekerja di tempat yang tak terstruktur dan dengan obyek yang tidak kaku.

Lalu bagaimana si robot bisa melipat handuk dengan rapi? Robot yang dibekali 4 kamera ini awalnya mengamati obyek kain untuk mengetahui bentuknya. Jika sang robot sudah tahu sudut-sudut kain, ia akan mulai meletakkan di meja dan melipatnya.





Hebatnya, seperti dikutip detikINET dari Wired, Rabu (7/4/2010), si robot mampu mengenali handuk dalam tumpukan pakaian. Sejauh ini dalam 50 kali percobaan yang telah dilakukan, sang robot sukses melakukan misinya, melipat handuk dengan rapi.



Namun karena masih dalam tahap awal pembuatan, si robot perlu waktu amat lama untuk melipat sebuah handuk, yakni 25 menit. Dan selain handuk, si robot masih belum dapat melipat jenis kain lain seperti baju atau celana. ( fyk / wsh ) 



0 komentar:

Posting Komentar

 

Terimakasih anda telah berkunjung di HAMDUN BLOG... Jangan lupa kasih komentar dan saranya Terimakasih :D

Easy Blog Tricks


© Grunge Theme Copyright by HAMDUN blog | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks